Resistensi Terhadap Penerus Bisnis Keluarga

Banyak pemilik usaha kecil jatuh ke dalam perangkap mempekerjakan anggota keluarga hanya karena mereka adalah keluarga, bukan karena mereka orang terbaik untuk pekerjaan itu. Meskipun saat ini sepertinya hal yang tepat untuk dilakukan, hal ini dapat merugikan bisnis Anda dalam jangka panjang. Jika Anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan anggota keluarga, pastikan mereka memiliki kualifikasi dan pengalaman yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan itu – dan melakukannya dengan baik. Anda ingin memikirkan tentang tujuan Anda sendiri untuk bisnis Anda serta tujuan anggota keluarga Anda. Memiliki tujuan dan kesamaan visi dapat membantu meningkatkan hubungan kerja yang baik dan memudahkan untuk bekerja secara profesional dengan keluarga.

Cara berbisnis dengan keluarga

Selain masalah klasik yakni modal, faktor-faktor eksternal pun tak jarang juga menjadi datang. Sebelum memulai usaha, hitung dengan cermat modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Jika hendak menggunakan uang keluarga untuk modal awal usaha, sebaiknya tetap menyisihkan uang aman untuk keluarga. Ke mana bisnis tersebut akan dibawa dan bagaimana Anda melakukannya? Kedua hal ini menjadi poin penting yang wajib Anda pikirkan sejak awal. Pastikan punya visi dan juga target yang jelas dalam menjalankan bisnis, sehingga Anda bisa tetap fokus dan mencapainya dengan baik.

Apa lagi Anda salah memasukan nilai-nilai bisnis dan membuat bisnis Anda menjadi hancur dan gulung tikar. Tunjuk dan latihlah generasi penerus Anda menjadi orang-orang yang siap memimpin dan berkolaborasi pada bisnis yang Anda bangun. Ada berbagai keuntungan yang Anda dapatkan apabila Anda berhasil menjalankan bisnis keluarga yang telah berlangsung dalam waktu lama. Anda bisa memperkuat ikatan keluarga Anda dengan bekerja sama, kerja keras, dan implementasi nilai-nilai positif lainnya. Serta, keuntungan yang Anda dapatkan bisa berguna bagi generasi-generasi selanjutnya.

Bahkan, ia berhasil meraih medali perak ketika usianya sudah tidak muda lagi yakni seventy nine tahun. Untuk menggapai kesuksesan dalam bisnis pastinya akan ada banyak tantangan serta masalah yang harus dihadapi dengan bijak. Butuh tekad dan kerja keras yang kuat untuk meraih kesuksesan yang kita inginkan. Ini yang dihadapi Stanley Ho – arsitek penyulap Makau – dari koloni kecil Portugis di China menjadi surga judi dunia, yang menghadapi sengketa warisan.

Rencana yang kuat dapat memandu bisnis melalui perubahan dalam manajemen, dan dapat membantu setiap anggotanya menghindari konflik. Perencanaan penerus bisnis adalah masalah penting untuk dipertimbangkan oleh bisnis kecil. Namun, beberapa saran menyampaikan bahwa akan lebih baik jika Anda mempekerjakan seorang manajer yang bukan anggota keluarga untuk kontrol dan pengawasan yang lebih objektif. Jangan lupa juga untuk menyampaikan evaluasi mengenai kinerja serta evaluasi dari tiap pembagian tugas yang telah diberikan. Mungkin terdengar ribet juga menghabiskan waktu, namun kegiatan ini sangat membantu supaya bisnismu terus berkembang dan makin maju. Jika sewaktu-waktu bisnis bermasalah, perjanjian tertulis ini setidaknya bisa dijadikan sebagai bentuk penyelesaian untuk menentukan siapa yang benar maupun salah.

Selain banyak keuntungan yang anda dapatkan saat berbisnis bersama keluarga. Anda juga harus waspada terhadap kelemahan yang mungkin muncul saat melakukan bisnis. Terkadang muncul drama, yang tidak mengenakkan hati, negur juga nggak enak, tapi kalau dibiarkan juga membuat hati capek. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk ideas lain yang berhubungan dengan bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Bagi Anda yang masih ragu dan kurang memahami cara membuat surat perjanjian yang tepat dan sesuai dengan hukum yang berlaku, Anda dapat memercayakan pembuatan perjanjian bisnis keluarga Anda bersama LIBERA. LIBERA merupakan startup hukum yang membantu Anda membuat perjanjian atau kontrak bisnis secara lebih mudah dan cepat, juga sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku. Dalam membuat surat perjanjian pendiri atau pemilik bisnis ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dari tanggung jawab masing-masing pihak, rincian kontribusi modal dan pembagian keuntungan, hak kekayaan intelektual, goal perusahaan, hingga hal-hal yang harus diperhatikan jika salah satu pihak keluar.

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya. Bahkan Anda bisa belajar tentang bisnis dari pengalaman keluarga sekitar. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan mengimplementasikan software akuntansi Accurate Online. Hanya dalam 1 software saja semua keuangan bisnis dapat dikelola dengan transparan dan akurat. Nah, maka dari itu, memperkerjakan seorang konsultan bisnis profesional bisa membantu Anda nantinya. Selain itu, Anda juga harus menyingkirkan segala sesuatu yang terjadi dirumah.

Apalagi jika Anda punya tangan kanan yang bisa Anda tugaskan untuk mengelola bisnis. Jika Anda tidak ingin waktu berkumpul dengan keluarga tersita untuk pengelolaan bisnis, coba pertimbangan cara membagi waktu antara bisnis dan keluarga yang satu ini. Susun strategi bisnis yang tepat dan atur perencanaanya dengan matang. Siapkan juga sistem bisnis yang jelas agar usaha yang dijalankan bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Nah, Anda bisa menjalankan tips-tips tersebut di atas sebagai bagian dari strategi pengelolaan keuangan.