Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Jalani Bisnis Di Tengah Pandemi

Penambahan produk yang dijual harus berkaitan dengan produk yang dipasarkan sekarang. Bisa dalam segi pemasaran, kesamaan teknologi, ataupun penggunaan fasilitas yang sama. Pelaku usaha harus mengerti arah bisnisnya dan memastikan betul navigasi bisnis. “Ini menjadi kunci agar bisnis tetap bertahan di tengah pandemi ini,” tutur Tri. Intinya, di masa pandemi ini, tetap jaga standar kualitas produk Anda dengan baik dan tetaplah percaya bahwa akan selalu ada pelanggan yang datang berbelanja jika Anda bisa menerapkan pemasaran on-line secara tepat.

Fiki menjelaskan, usaha mikro didorong masuk ke penggunaan media sosial dan aplikasi sederhana. Misalnya, pedagang pasar basah menerima pesanan melalui panggilan video, kemudian melakukan pengiriman melalui ojek online. Sebagai contoh, saat menggunakan layanan market place, pengusaha tidak perlu mencatat daftar pemesanan, juga terdapat knowledge pelanggan yang sangat diperlukan saat melakukan inovasi produk/layanan sesuai kebutuhan konsumen. Karena itu, pemerintah terus aktif mendorong UMKM di tanah air untuk mulai memanfaatkan fasilitas digital, terutama dalam upaya mendongkrak pemasaran. Di saat situasi ekonomi terpuruk akibat Virus Corona, pelaku bisnis harus benar-benar jeli dalam mengambil keputusan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat pembukuan perusahaan yang rapi.

Cara berbisnis ditengah pandemi

Baik sebagai tempat jual beli, sarana membangun branding, hingga membuat bisnis lebih dipercaya. Faktanya, berdasarkan survei Verisign, 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website dapat membuat bisnis mereka lebih kredibel. Oleh sebab itu, banyak pelaku bisnis yang mulai berbondong-bondong mengonlinekan bisnisnya.

Dampak terburuknya, bisnis yang dijalankan bisa saja gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Bila biasanya Parents menikmati YouTube untuk mencari hiburan, giliran Anda mengisi waktu luang sekaligus mencari uang dari platform media sosial ini. Tak perlu memaksakan diri, cari topik tutorial yang memang Anda kuasai. Kendati sekarang ini fase the model new regular sudah berjalan, tak sedikit orang kehilangan pekerjaan.

Dan hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi yang memiliki keterampilan menjahit Menjalani usaha masker kain bisa sangat menguntungkan untuk dijalankan. Pemasaran produk bisa dilakukan secara online dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan bahkan WhatsApp Status. Nah, sebenarnya pertanyaan waktu yang tepat untuk memulai bisnis tidak relevan untuk ditanyakan karena memulai bisnis bisa kapan saja.