Ketika Anda Diminta Untuk Meneruskan Bisnis Keluarga, Bagaimana Keuntungan Dan Kerugian Yang Akan

Tapi jika tidak dikelola secara profesional, bukan hanya berakibat buruk terhadap bisnis tapi juga berimbas terhadap putusnya hubungan sesama anggota keluarga. Konflik Kepentingan keluarga biasa terjadi ketika anggota keluarga menerima perlakuan khusus hanya berdasarkan pada hubungan mereka dengan orang lain dalam suatu bisnis. Contohnya mungkin putra pemilik yang menerima perlakuan khusus ketika di jadikan kandidat untuk memimpin perusahaan daripada karyawan yang lebih layak atau kenaikan gaji yang tidak didasarkan pada kinerja. Buat kamu yang ingin melanjutkan bisnis keluarga di bidang katering bisa ikuti beberapa ideas ini supaya bisnis katering keluargamu makin happening, Tips Punya Usaha Katering yang Happening!

Oleh karena itu dalam berbisnis, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti. Anda dapat memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis. Membangun usaha bersama kerabat sangat menyenangkan bila mampu menopang tanggung jawab dan mampu melaksanakan komitmen yang ditetapkan. Dalam membangun usaha bersama keluarga, selain rasa bahagia ketika usaha berhasil, hubungan kekeluargaan juga akan semakin kuat. Usaha merupakan hal yang sangat menjanjikan sekarang ini, apalagi dengan mudah kita dapat menjalankan usaha. Menjalankan usaha bersama keluarga diperlukan tanggung jawab dan profesionalitas yang tinggi.

Cara berbisnis dengan keluarga

Memberlakukan keluarga dengan istimewa dalam bisnis kalian merupakan hal yang salah, karena akan timbuk ketidak profesionalan dalam bekerja. Membuka suatu bisnis merupakan impian sebagaian orang yang ingin dicapai. Saat ini banyak anak muda di Indonesia yang sudah menjadi entrepreneur untuk menghidupi dirinya dan orang disekitarnya.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata omzet perusahaan keluarga masih dibawah 100 juta. Permasalahan inner yang dihadapi UMKM diantaranya pengembangan produk/jasa, ketersedian keuangan dan teknologi. Permasalahan eksternal yang dihadapi UMKM diantaranya Persaingan, kondisi pasar dan harga bahan baku.

Jadi walaupun orang tersebut ada hubungan darah dengan Anda, bukan berarti gajinya lebih tinggi dari karyawan yang memiliki jabatan yang sama dengan anggota keluarga Anda tersebut. Meski hanya meneruskan bisnis keluarga, bukan berarti Anda bisa berleha-leha dalam menjalankannya. Bisnis tidak akan tumbuh di tangan pemalas, sebab bisnis membutuhkan seorang pekerja keras yang mampu mengerjakan banyak hal dengan tepat. Sebagai penerus bisnis, Anda wajib terjun dan terlibat langsung di dalam bisnis keluarga yang Anda jalankan.

Sembilan dari sepuluh anggota berikutnya setuju bahwa memiliki anggota non-keluarga di posisi atas adalah hal yang positif. Ini berarti bisnis keluarga menjadi lebih terbuka dan mempercayai seseorang yang skilled meskipun dari luar keluarga, dengan keterampilan yang relevan sesuai dengan kebutuhan dan strategi mereka. Wanita pengusaha harus harus tahu cara mengatur keuangan keluarga dan keuangan bisnis dengan baik, agar keuangan keluarga dan keuangan bisnis tidak bercampur. Jika tidak pintar mengatur keuangan, baik keuangan perusahaan maupun keuangan keluarga, bukan untung yang datang, melainkan buntung yang menghampiri. Seringkali wanita yang terjun dalam bisnis tetap memiliki kewajiban mengurus keluarga, termasuk menjadi “menteri keuangan rumah tangga” yang tugasnya mengelola keuangan keluarga.

Mungkin, bukan hanya untuk anak-anak kalian kelak, bahkan sampai ke cucu kalian juga. Didikan orangtua akan membentuk anak menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggung jawab. Didiklah anak tidak hanya untuk menjadi pekerja yang baik tetapi juga pemimpin yang baik jika pada akhirnya memilih untuk membangun usahanya sendiri. Karena semua anggota keluarga mengenal satu sama lain dengan baik, biasanya tekanan yang berhubungan dengan keuangan berkurang dan lebih banyak fleksibilitas waktu yang diperlukan.